4 Manfaat Kusen untuk Rumah yang Perlu Diketahui

Jika mendengar kata kusen, apa yang ada di benak Anda? Pada umumnya kusen untuk rumah adalah sebuah rangka yang di gunakan untuk meletakkan pintu, jendela, teralis dan kaca pada sebuah rumah.

Bahan kusen rumah terbuat dari beberapa material dasar yakni, UPVC, kayu dan aluminium. Untuk memasang kusen pun tidak boleh di lakukan sembarangan dan harus di lakukan oleh orang yang sudah profesional di bidang ini.

Kusen untuk Rumah

Jenis dan Manfaat Kusen untuk Rumah

Pemasangan kusen harus benar-benar memperhatikan penempatan, tinggi dan tegak lurus yang harus sejajar dengan kusen-kusen lainnya. Masing-masing material yang di gunakan untuk kusen memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda.

Dalam memilih kusen, penting untuk memperhatikan keamanan, keindahan, dan biaya. Lalu, apa sebenarnya manfaat kusen? Simak ulasan berikut ini.

  1. Kusen Gendong atau Kombinasi

Sebuah rangka yang biasanya di gunakan untuk pintu dan jendela yang berada dalam satu konstruksi yang utuh itu disebut kusen gendong. Kusen jenis ini biasanya di letakkan pada bagian depan rumah dan beberapa ruangan dalam rumah yang memerlukan penerangan lebih. Seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

  1. Kusen Tunggal

Jenis kusen selanjutnya adalah konstruksi kusen tunggal yang umumnya di gunakan untuk daun pintu saja. Kusen jenis ini biasanya di lengkapi dengan lubang atau celah. Lubang tersebut berfungsi sebagai sarana penerangan dan sirkukasi udara.

  1. Kusen Jendela

Sesuai dengan namanya, kusen ini hanya di gunakan sebagai rangka khusus untuk jendela saja, tidak bisa pintu atau lainnya. Sama seperti kusen tunggal, kusen jendela juga terdapat celah atau lubang di bagian atasnya yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan membantu penerangan.

  1. Kusen Penerangan atau Bovenlich

Jenis kusen yang terakhir adalah kusen penerangan atau bovenlich. Konstruksi kusen ini biasanya digunakan untuk menempatkan kaca atau jendela kaca yang kecil. Jendela kaca kecil ini berfungsi sebagai pembantu penerangan dan juga sirkulasi udara agar tidak pengap.

Kusen yang akan digunakan untuk bangunan harus memiliki kriteria yang baik. Kriteria tersebut meliputi sambungan kusen harus baik dan rapat, permukaan kusen harus rata dan siku. Jika kusen yang dipakai tidak sesuai kriteria, dikhawatirkan tidak awet atau bahkan memperburuk tampilan rumah.

error:
Open chat
Konsultasi Gratis Sekarang!