Mengetahui Jenis dan Model Pintu Swing UPVC

Pintu swing UPVC merupakan jenis pintu yang umum di kalangan masyarakat. Pengoperasiannya dengan cara di tarik atau di dorong dengan putaran satu arah untuk membuka maupun menutupnya.

Pintu swing berbahan UPVC memiliki dua variasi, yakni satu daun dan dua daun. Berikut ulasannya.

Jenis Pintu Swing UPVC

Di antara berbagai jenis pintu, pintu swing merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan, baik model satu maupun dua daun pintu.

  1. Pintu Swing Satu Daun

Ukuran pintu swing satu daun dapat di sesuaikan dengan selera dan kebutuhan, tetapi tidak di sarankan menempatkan ukuran yang terlalu lebar.

Mengapa? Karena beban pintu swing berada di engsel. Apabila daun pintu terlalu lebar, seiring berjalannya waktu, pintu tersebut akan menyentuh lantai.

Jika sudah menyentuh lantai, dalam mengoperasikan pintu ini, Anda akan mengalami kendala. Bahkan, bisa menyebabkan lantai rumah Anda memiliki jejak goresan.

Ukuran lebar daun pintu yang di sarankan adalah antara 70 cm hingga 90 cm. Untuk pintu kamar, biasanya di gunakan lebar pintu 70 cm hingga 80 cm, menyesuaikan besarnya barang yang akan di masukkan ke dalam kamar. Sedangkan lebar pintu utama umumnya adalah 90 cm.

Sementara untuk tinggi pintu, bisa juga di sesuaikan ketinggian plafon rumah, tetapi umumnya pintu swing memiliki tinggi 200 cm, 210 cm, 240 cm, 260 cm, dan 280 cm.

Biasanya, pintu UPVC swing memiliki kaca di bagian tengah. Apabila kurang menyukai model tersebut, Anda bisa memilih pintu swing model panel. Panel UPVC merupakan jenis profil pintu yang sangat kokoh. Panel juga akan menambah kesan minimalis pada pintu.

  1. Pintu Swing Dua Daun

Pintu swing dengan dua daun biasa di gunakan untuk memberi kesan luas pada ruangan rumah. Ukurannya pun bervariasi, ada yang memiliki lebar 200 cm, tinggi 250 cm.

Bisanya, pintu swing 2 daun di gunakan sebagai pintu utama rumah karena ukurannya yang lebar serta desainnya pun lebih bagus. Desainnya sendiri biasanya terdiri dari kombinasi panel kaca terang, ada juga yang full panel.

Desain ini bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing. Bila menginginkan ruangan tampak lebih luas, Anda bisa memilih penutup jenis kaca sebagai daun pintu. Namun, jika Anda menginginkan privasi yang lebih, pilihlah model panel.

Model panel UPVC kerap di pilih karena memiliki ketahanan yang sangat lama, tidak mudah keropos, lebih tebal, serta desainnya yang minimalis sangat cocok untuk desain rumah model sekarang.

error:
Open chat
Konsultasi Gratis Sekarang!